Latest Entries »

hmmm mulai dari mana yaa …

sebnerny tulisan ini buat ngingetin gimana cara update kernel atau update grub2 di ubuntu … T.T bertahun tahun gw using linux (gag bertahun tahun siih) terhitung baru 1 tahun dr sekarng semenjak gw tingkat 2 di perkuliahan dan gw baru tw command yang selama ini gw pake gg sesuai !!! -____-! huuh !

masalah terjadi saat gw update kernel dengan sebelumnya gw otak katik file /boot/grub/grub.cfg hmmm dan setelah kernel terinstall ternyyata gg terupdate dan gw akhirnya ngedit file tersebuat agar terupdate … weleeh weleehh selama ini ternyata gw baru tau tadi cara update grub yang praktis …

biasanya gw ketik perintah ini buat update grub

sudo update-grub 

dan boom langsung terupdate kernel nya waktu itu buat nyeting grub yang di backtrack agar terdeteksi semua os yang terinstall tapiii hal tersebut tdk bekerja di ubuntu yang saya pakai yakni 10.04 -___-! huuh ternyata itu command buat grub versi 1 bukan buat grub2 astagfirullooh ..

dan hal ini baru tau tadi setelah iseng iseng baca manual grub2 di

Grub2 command

dan di
grub2 configuration

huuffffhh cara yang bener untuk update grub2 yakni

sudo grub-mkconfig -o /boot/grub/grub.cfg 

naah kalo penjelasan dari web di atas

“The grub-config command by itself doesn’t do anything much. It prints the results to stdout, (displays the results in the terminal screen), and you can see what it would have wrtten to a file if you had used grub-mkconfig with the -o option. ” bisa artiin sendiri maksudnya perintah tersebut itu hanya menampilkan setingan grub aja tanpa di tulis pada sebuah file naah -o itu buat nulisin file tersebut

naah perintah grub-mkconfig -o /boot/grub/grub.cfg itu nge rewrite grub.cfg nya itu siih yang aku tangkep🙂

okesekian tulisan hari ini heheh😀 salam hangat ….

FTP

sebenernya saya sudah ngantuk ..T.T
apaitu FTP ??

FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.
View full article »

hmmm karena ada tugas dan kebetulan kemaren iseng iseng belajar ttng IP sebenernya untuk tulisan kali ini hanya sebagai catatan pradi aja sii ttng materi IP ..

okelanjut ke materinya :

IPv4
View full article »

oke oke GAMBARU !😀 (apa siih gag jelas)
emang gitu dah kadang gue sukagaring sendiri kalo lg bnyak tugas … yah itung itung menghibur diri😀

oke tulisan kali ini masih gg jauh jau kok ttng kritografi yup md5sum apasiih md5sum ?

MD5SUM merupakan aplikasi yang menghitung dan memferifikasi hash MD5 berukuran 128-bit. Hash ini dideskripsikan oleh RFC 1321. Fungsi hash ini kurang lebih seperti sidik jari hanya saja dalam bentuk digitan. Dua file sangat tidak mungkin memiliki hash yang sama karena perubahan sedikit saja akan merubah hash MD5 yang dimiliki file tersebut. Karena perubahan sedikit saja pada sebuah file akan merubah hash file tersebut, hash MD5 sering digunakan untuk mengecek integritas atau keaslian sebuah file.

di linux kita langsung bisa mengecek md5sum dengan perintah ini :

 $ md5sum  

lalu enter dan masukan huruf apa saja setelah itu ctrl+d dan lihat hasilnya😀

udah tau kan dari penjelasan tadi md5sum itu apa ?
hmmm yup karena dia juga bisa di katakan sebagai sidik jari digital makakita bisa mengecek sebuah file md5sum nya apa😀

naah kita ilustrasikan kita mendownload sebuah iso … hmmm ini gw banget kayaknya ckkc LOL gag juga sii keseringan minta iso ketimbang download oke back to topic
misalkita mendowload iso disini

yup ubuntu coba download md5sum file nya

setelah selesai mendownload untuk mngecek hasil dowload-an kita corrupt ato nggak kita tinggal mengecek md5sum nya

ketik perintah md5sum spasi direktori file-nya lalu akan keluar md5sumnya

contohnya padagambar dibawah ini :

lalu cekpada file md5sum nya :

a8d8e24bf8b82b4302d074fcac380d65 *ubuntu-10.10-alternate-amd64.iso
419ad8ee1bb76a49490f4a08b5be43f0 *ubuntu-10.10-alternate-i386.iso
1b9df87e588451d2ca4643a036020410 *ubuntu-10.10-desktop-amd64.iso
59d15a16ce90c8ee97fa7c211b7673a8 *ubuntu-10.10-desktop-i386.iso <<<<<
6877bf8d673b87ba9500b0ff879091d0 *ubuntu-10.10-netbook-i386.iso
ab66a1d59a8d78e9ea8ef9b021d6574a *ubuntu-10.10-server-amd64.iso
ce1cee108de737d7492e37069eed538e *ubuntu-10.10-server-i386.iso
d1db1f93bb7486593b7d1ea023c0e3f8 *wubi.exe

jikahasilnya sama berartifile yang kita download sehat wal afiat alias tidak corupt😀

semoga tulisan ini berguna dan selamat mencoba😀

oke oke karena desakan tugas materi kali ini adalah Key Alogarithms .. untung sudah pernah di beri tugas ttng ini😀

Key Alogarithms atau dalam bahasa indonesia Algoritma Sandi…
Algoritma sandi adalah algoritma yang berfungsi untuk melakukan tujuan kriptografis
yup pasti sering mendengar ttng kriptografi ..

oke langsung saja ke materinya

Kriptografi berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari dua kata, kripto dan graphia. Kripto berarti rahasia (secret) sedangkan graphia berarti tulisan (writing). Sehingga kriptografi bisa diartikan sebagai “tulisan yang dirahasiakan”. Dalam kamu hacker (Ariyus, 2005), kriptografi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari penulisan secara rahasia. Secara umum kriptografi adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan berita. Selain itu, kriptografi juga bisa diartikan sebagai ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentifikasi data. Tidak semua aspek keamanan informasi ditangani oleh kriptografi. Kriptografi, secara umum adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan berita [bruce Schneier – Applied Cryptography]. Selain pengertian tersebut terdapat pula pengertian ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data [A. Menezes, P. van Oorschot and S. Vanstone – Handbook of Applied Cryptography].

View full article »

HTTP

HTTP …hmm apasiih itu http ???
kalo darikita yang pelajari siih katanya http itu …udah tauu kan ? bener bangeett itu kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol tapi masa cuma tau kepanjanganya siih ? yaa karna rasa ingin tahu dan di dorong oleh tugas juga ya akhirnya nyari tau deh ttng http .
hmm kalo daripenelusuran google siih http itu :
View full article »

Seting GRUB pada ubuntu

Berawal dari keinginan untuk install backtrack dan mencoba belajar ttng jaringan yaah walaupn masih sekedar baca baca literatur doank dan akhirnya bisa juga ke installl tuuh backtrak di Lepi imut ini😀 waaupun harus bersusah payah menyediakan kapasitas hardisk (lebai bangeet daah gw)  gag semua yang lo denger itu bener :P:P

oKe setelah melakukan instalasi dan reboot and … BOOOM ! grubnya rusak !! gg bisa log in ke OS nya   !! tenang tenang jangan panik dulu …,ya emang itu siih keadanya bila menginstall Backtrack dengan singel user (hanya root) tapi berbeda dengan permasalaha gue. sebelum w install Backtrack w menggunakan ubuntu 10.04 dg BURG sebagai bootloadernya biar tampilanya bagus😀 katanya siih lebih bagus dari GRUB tapi ya emang lebih berwarna😛 kalo mau tau ttng BURG coba googling dulu :Doke oke Back To Topic

Setelah w REBOOT ternyata Tuh burg berjalan dengan baik tidak kekurangan sesuatu apapun … lalu apa yang terjadi ?? ternyata BT gw yang gag ke detect !! baca BT : backtrack

yaudah terpakasa w uninstall itu burgnya walaupun bisa sih settingan burgnya di otak atik tapi males aahh anggap aja permasalahan gw sama kaya permasalahan orang orang lainya GRUBNYA ERORR !:P:P

oke setelah di uninstall w coba Reboot lagi dan ternyata sudah ku duga grubnya ERORR😀 hore hore ! akhrnya permasalah gue yang tadinya TIDAk normal sekarang sama kaya orang orang pada umumnya😛😛

ok Langakah Pertama gue untuk ngebalikin tuuh GRUB adalah dengan melakukan bootable dari Flash disk gw yang  w isi dengan UBUNTU 10.10  untuk cara ngebootnya silahkan googling

setelahh boot berjalan dengan baik w coba mengisntall grub ubuntunya nya begini caranya :

pertama tama buka terminal melalui boot flashdisk bisa juga memijit ctrl+alt+T secara bersamaan setelah itu ketikan perintah ini

 $ sudo fdisk -l 

setelah itu kita bakalan ngeliat tampilan di bawah ini :

oke karna ubuntu gw berada di partisi /dev/sda6 maka lakukan mount denga perintah ini :

 $ sudo mount /dev/sda6 /mnt 

artinya memounting sda6 ke folder /mnt oke sesuain sama partisi yang ada di kompi anda setelah itu gue coba untuk menginstall kembali GRUB gue ..dengan perintah :


sudo grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda

kalo gg ada masalah maka ada tulisan “install completed with no errors.”

oke grub udah balik lagi tapi si Backtrack ini belom bisa kedetct harus seting di grub.cfg nya

sebenernya ada cara lainya untuk setting backtrack ini dengan mngedit grub backtrack di menu.lst caranya bisa di liat di sini;  nya tapi w iseng coba coba pake cara laiin pake grub ubuntu abis dapet iinspirasi dari ngeliat bang abie; ngebetulin grubnya temen gw yang install suse linux dan bt dengan menggunakan grub si suse

makasih bang abi😀😀

OK Back To Tpoic

sekarang login di ubuntu anda dan buka terminal kita bakalan ngedit grub.cfg nya ubuntu sekarang ketikan perintah di bawah ini :

 $ sudo gedit /boot/grub/grub.cfg & 

setelah itu cari bagian ini:


### BEGIN /etc/grub.d/10_linux ###
menuentry 'Ubuntu 10.04, with Linux 2.6.32-28-generic' --class ubuntu --class gnu-linux --class gnu --class os {
 recordfail
 insmod ext2
 set root='(hd0,6)'
 search --no-floppy --fs-uuid --set d7f01552-9be2-440f-9b92-d57a17e2812f
 linux    /boot/vmlinuz-2.6.32-28-generic root=UUID=d7f01552-9be2-440f-9b92-d57a17e2812f ro   quiet splash
 initrd    /boot/initrd.img-2.6.32-28-generic

abis itu di bwahnya tulis perintah ini :


menuentry 'Backtrack 4 R2'{
 insmod ext2
 set root='(hd0,7)'
 linux               /boot/vmlinuz root=/dev/sda7  rw vga=0x317
 initrd               /boot/initrd.gz

perintah di atas di maksudkan menambahkan os backtrack ke dalam GRUB agar bisa di akses ..
sebelomnya w kasih tau dulu instalan Backtrack gw ada di /dev/sda7 jadi sesuain dengan setingan di komputer masing masing . sebenernya script ini agag aneh sii biasanya bagian (hd0,7) ini di isi dengan (hd0,6) karna partisi gw ada di /dev/sda7 jadi 7-1 = 6 karna di mulainya dari 0 tapi di grub ubuntu ini tetp di (hd0,7) ato /dev/sda7 kalo gw ganti malah erorrr grrr yaudah lah yang penting BT w bisa kedetect pake GRUBnya ubuntu sekalian belajar🙂

setelah itu save dan reboot😀

tadaaamm os anda telah kembali semua ubuntu ,backtrack maupun windows😀😀 padahal cuma iseng iseng aja eeh ternyata bisa😀

oke selamat mencoba dan mohon maaf kalo ada yang gg jelas emang tutorial ini agag gg jelas😀😀

untuk setingan pada GRUB si BT silahkan liat link ini :

http://abi71.wordpress.com/2010/06/28/manual-install-bt4-final-dengan-shellscript/

saya ucapkan terimakasih😀

udah lama ngeliat orang bisa nulis terbalik naaah biasanya kan dari web iseng iseng w buat pake bahasa pemograman😀😀

sebenernya ini program hanya untukiseng iseng aja sii😀 hohoho lumayan buat puyeng yang bacanya hehehe
happy ngoding ya ??:D

 #############################################################################
# Flip Text >> just for fun (".)~                          (c)copyleft 02/2011 #
# Author: Andhika Arya (d_kun)                       	                    #
# Email: dhika [dot] linix [at] gmail.com                                   #
# Credits: [G]unadarma [X]malang [R]esearch [G]roups 	                    #
# license: Licensed under the GNU General Public License                    #
#############################################################################
import string
print """
______ _ _         _            _   
|  ___| (_)       | |          | |  
| |_  | |_ _ __   | |_ _____  _| |_ 
|  _| | | | '_ \  | __/ _ \ \/ / __|
| |   | | | |_) | | ||  __/>  <| |_ 
\_|   |_|_| .__/   \__\___/_/\_\\__|
          | |                GxRg crew       
         |_|                       

Just For Fun ,Enjoy It😀
"""


try :
	a = raw_input("Inser Text :")
	text = string.lower(a)
	panjang = len(a)
	ze = panjang - 1
	hit = 0
	pt = 0
	tampung =''
	a = u'\u0250'
	b = 'q'
	c = u'\u0254'
	d = 'p'
	e = u'\u01DD'
	f = u'\u025F'
	g = u'\u0183'
	h = u'\u0265'
	i = u'\u0131'
	j = u'\u027E'
	k = u'\u029E'
	l = u'\u0283'
	m = u'\u026F'
	n = 'u'
	o = 'o'
	p = 'd'
	q = 'b'
	r = u'\u0279'
	s = 's'
	t = u'\u0287'
	u = 'n'
	v = u'\u028C'
	x = 'x'
	w = u'\u028D'
	y = u'\u028E'
	z = 'z'
	spasi= ' '
	dot = u'\u02D9'
	seru = u'\u00A1'
	tikom =u'\u061B'
	underscore = u'\u203E'
	ttk2 = ":"
	tanya = u'\u00BF'
	slash = '/'
	kurng = ']'
	kurng1 = '['
	krungk = '{'
	krungk2= '}'
	krng = ')'
	krng1 = '(' 
	ksiku = '>'
	ksiku1 = '<'
	koma = u'\u275B'

	flipTable =  a,b,c,d,e,f,g,h,i,j,k,l,m,n,o,p,q,r,s,t,u,v,w,x,y,z,spasi,dot,seru,tikom,underscore,ttk2,tanya,slash,kurng,kurng1,krungk,krungk2,krng,krng1,ksiku,ksiku1,koma
	check = 'a','b','c','d','e','f','g','h','i','j','k','l','m','n','o','p','q','r','s','t','u','v','w','x','y','z',' ','.','!',';','_',':','?','/','[',']','}','{','(',')','<','>',','
	masuk =0
	while pt < panjang:
		coba = text[pt] == check[hit]
		if coba is False:
			hit =hit +1
		else:
			tampung += flipTable[hit] 
			pt =pt+1
			hit =0
	balik = tampung[::-1]
	print balik
except KeyboardInterrupt :
	print "\n"
	exit(1)

except IndexError:
	print "ooppss ! something wrong , no match any chacarcter " 

jadinya begini daah😀

˙˙˙ d: ɥǝǝɥǝɥǝɥ ɥɐɐɐp ıuıƃǝq ɐʎuıpɐɾ
¡¡¡ unɟ ǝʌɐɥ

hmmm wah tulisan kali ini dari pengalaman pribadi .. he he he ..,

berawal dari keisengan gw untuk ngotak katik niih os yang baru di install maklum baru pertama pake ubuntu hehehe dan iseng iseng klik kanan di panel atas dan secara sengaja mengklik “Delete This pannel” and … BOOM silahkan tebak apa yang terjadi ..

panell gue HILANG !! dan gw agag sedikit panik dan mulai mengotak katik komputer untuk mengembalikan panel sekaligus isinya kembali …dan setelah panel kembali w harus ngead satu satu yang tadinya ada di setingan panel deafault … ribeet bangeett deeeh udah kitu ada beberapa item yang gg bisa di balikin ke panel karna gg tau namanya -_-!!

akhrnya w mencoba browsing dan binggo dapet pencerahan !

oke udah cukup cap cip cus nya langsung ke TKP !

pertama buka terminal di linux anda ato bisa pake shortcut ctrl+alt+t buat ubuntu

setelah munculketikan perintah di bawah ini:

 

$ gconftool-2 --shutdown
$ rm -rf ~/.gconf/apps/panel
$ pkill gnome-panel

 

setelah melakukan perintah tersebut restrat komputer anda dan boom selse panel deafault anda balik lagi sedia kala huufftt gg perlu lagi add item panel satu satu yang merepotkan -_-!

Perkembangan Teknologi Web

Web

apa siih itu web ??

mungkin kitia sudah sering mendengar kata web ,menurut searching searching di google siih web adala word wide web yang biasa di singkat website , hmm kalo di liat dari wikipedia sih web itu: Secara terminologi, website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.

Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut.

Oke oke setelah kita tau web secara garis besar mari kita liat apa siih sejarah web dari mana web itu berkembang :

Sejarah web

Pernah dengar yang namnaya Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee hmm mungkin sudah sering ya hehehe .,oke Sir Timothy John (lahir di London, Inggris, 8 Juni 1955) adalah sang penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya. Pada 1980, ketika masih seorang kontraktor bebas di CERN, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Dengan bantuan dari Robert Cailliau dia menciptakan sistem prototipe bernama Enquire.

Setelah meninggalkan CERN untuk bekerja di John Poole’s Image Computer Systems Ltd, dia kembali pada 1984 sebagai seorang rekan peneliti. Dia menggunakan ide yang mirip yang telah dia gunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana dia mendesain dan membangun browser yang pertama (bernama WorldWideWeb dan dikembangkan dalam NeXTSTEP) dan server web pertama yang bernama httpd.

“www”/web bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Pada bulan Maret 1989, Tim Berners Lee dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.

Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website bisa berisi hyperlink (pranala) yang menghubungkan ke website lain, jadi, kadangkala perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak kentara.

Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular.

Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services (IIS).

Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA ( for Supercomputing Applications).

Kemudian pada bulan Mei 1991, interface www tersebut mulai dipasang di mesin CERN dan dapat diakses melalui jaringan. Kemudian untuk pertama kalinya, tepatnya pada bulan Agustus 1991, informasi mengenai web tersebut disebarluaskan melalui newsgroup Usenet di alt.hypertext dan melalui newsletter CERN pada Desember 1991. Pada saat itulah web dan www mulai dikenal secara luas, meskipun masih mengunakan browser line-mode interface. Untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya, pengguna harus mengetikkan perintah-perintahnya.

Salah seorang pemerhati perkembangan web dan www tersebut adalah Marc Andreesen, seorang of , yang gemar mengutak-atik perangkat keras dan lunak di laboratorium kampusnya, National Center for Supercomputing Applications (NCSA). Kemudian Andreesen bersama rekan-rekannya browser berdasarkan data-data dari CERN. Pada bulan Februari 1993 lahirlah browser graphical user interface (GUI) yang pertama. Informasi mengenai browser yang diberi nama Mosaic tersebut segera disebarluaskan melalui newsgroup. Mosaic merevolusi konsep tentang browser. Mosaic 1.0 secara resmi baru dirilis pada bulan November 1993, dengan menggabungkan berbagai aplikasi Internet seperti www, news, WAIS, e-mail dan tentu saja, kemampuan menampilkan gambar! Bahkan hyperlink untuk pindah halaman telah berbentuk tulisan biru yang dapat di klik menggunakan mouse. Mosaic pun terjun dalam kiprah komersial. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh

Pada tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft.

Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World Wide Web Consortium (W3C)merupakan organisasi internasional utama yang mengurus tentang standar dari website yang ada sekarang. yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.World wide web mendapat perhatian publik yang sangat besar yang tidak dapat disamai oleh aplikasi internet lainnya. Pada tahun 1995, www menggantikan FTP sebagai aplikasi internet yang bertanggungjawab atas sebagian besar lalu lintas internet. Web telah menjadi sedemikian terkenalnya sehingga kadang dicampuradukkan dengan istilah internet itu sendiri meskipun pengertian “di Web” dan “di Inetrnet” sebenarnya tidaklah sama.

Perkembangan website berdasarkan teknologi dan cara penggunaanya menurut beberapa sumber adalah sebagai berikut :

1. Web 1.0

Web 1.0 merupakan teknologi awal dari website, dimana pembuat sebagai pemberi informasi dan pengguna hanya sebagai pembaca(read) (seperti membaca koran lewat computer, aktifitasnya hanya searching saja). Bahasa yang digunakan pada web ini masih berupa HTML saja.

Ciri khas dari web 1.0

1. Merupakan halaman web yang statis atau hanya berfungsi untuk menampilkan

2. Halaman masih didesain sebagai html murni, yang ‘hanya’ memungkinkan orang untuk melihat tanpa ada interaksi

3. Biasanya hanya menyediakan semacam buku tamu online tapi tidak ada interaksi yang intens

4. Masih menggunakan form-form yang dikirim melalui e-mail, sehingga komunikasi biasanya baru satu arah.

2. Web 2.0

Web 2.0 muncul sekitar tahun 2003 atau 2004, dimana para pengguna website-pun dapat berkomunikasi 2 arah dan memiliki berbagai kelebihan lainnya.

Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut:

Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturan terutama adalah: Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengguna aplikasi tersebut

Kelebihan dari web ini adalah sebagai berikut (menurut O’Reilly media):

  • The Web as Platform (Pengerjaan suatu aplikasi/tulisan dapat langsung dikerjakan di media internet tanpa harus mengerjakannya terlebih dahulu di windows desktop)
  • Harnessing Collective Intelligence (Web 2.0 memiliki kinerja untuk memanfaatkan tulisan orang lain untuk mengisi konten web secara kolektif (tidak hanya webmaster yang mengisi konten sendiri), contohnya seperti youtube)
  • Data is the Next Intel Inside (merupakan suatu garansi kepercayaan dari para pemberi data kepada pemilik website bahwa pada era web 2.0 data sangatlah penting dan harus di update setiap waktu)
  • End of the Software Release Cycle (pada web 2.0 aplikasi software dapat langsung digunakan lewat internet/internet menjadi platform menjalankan program)
  • Lightweight Programming Models (pembuatan web 2.0 menggunakan bahasa yang ringan dan mendukung pengembagan program)

3. Web 3.0

Web ini diperkirakan akan berkembang pada tahun 2010-2020 dan saat ini masih dalam tahap pengembangan.

Menurut PC magazine karakteristik dari web 3.0 adalah :

  • Semantic Web (web dengan kemampuan membaca situs semudah manusia membacanya sehingga informasi dapat disajikan dengan cepat dan tepat)
  • The 3D Web (web dengan kemampuan visual 3D dan interaksi secara realtime)
  • The Media-Centric Web (Photo, audio, dan video akan menjadi cara lain untuk mencari informasi yang kita inginkan selain keyword)
  • The Pervasive Web (Web yang mudah diakses dengan berbagai cara dan alat berbeda kapan saja dan dimana saja)

Hmm cukup sekiaan hasil rangkuman saia yaa semoga bermanfaat

Refrensi :

http://saiadanang3.blogspot.com/2010/03/sejarah-perkembangan-web_8706.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web

http://www.w3.org/History.html